Cara Ternak Lovebird di Rumah

Lovebird adalah jenis burung yang sangat populer di Indonesia, apalagi banyak kalangan pecinta burung suka memelihara burung Lovebird. Oleh sebab itu salah satu jenis usaha yang baik di Indonesia adalah budi daya terbak burung Lovebird.

Baca Juga: 5 Jenis Ternak Cepat Balik Modal

Cara Ternak Lovebird di Rumah

Nilai jual dari burung Lovebird juga terbilang mahal, dimulai dari ratusan ribu sampai puluhan juta. Untuk memulai ternak burung Lovebird, yuk simak ulasannya bersama kami dibawah ini!

Cara Budidaya Ternak Lovebird Termudah

Cara Budidaya Ternak Lovebird Termudah

  • Siapkan Kandang Lovebird

Untuk bisa hidup dan berkembang biak, maka burung Lovebird membutuhkan kandang. Menyiapkan kandang berukuran panjang yang kemudian dipasang sekat-sekat. Kandang harus dibuat agak lebar dan tinggi, supaya tersedia tempat untuk tempat makan & masih cukup area untuk Lovebird bermain. Kandang seperti ini harus dibuat untuk tujuan mengurangi resiko burung Lovebird dari stres.

  • Menyiapkan Tempat Bertelur

Selain menyiapkan kendang sebagai tempat tinggal burung, siapkan pula tempat khusus untuk bertelur. Tempat induk bertelur atau disebut juga dengan istilah glodok ini bisa dibuat dari papan kayu yang keras dengan ukuran 20 x 20 x 25 cm. Jangan lupa sediakan pula serat kayu dan dedaunan di dalam kotak glodok tersebut untuk sarang burung yang akan dibuat sendiri oleh induknya.

  • Memilih Bibit Lovebird Berkualitas

Memilih jenis bibit yang berkualitas akan menentukan hasil dari burung Lovebird. Kamu harus memperhatikan dari segi warna bulu, suara, dan kesehatan fisik dari bibit yang akan dijadikan induk. Jika sudah memilih bibit yang jelas, maka saat nya menyiapkan satu Lovebird jantan agar kawin dengan Lovebird betina dan menghasilkan telur.

  • Mengantisipasi Induk yang Tidak Mau Mengerami Telur

Setelah induk melalui masa kawin, dan telah bertelur, tidak jarang beberapa induk tidak mau mengerami telurnya sendiri. Tidak perlu khawatir, terdapat cara untuk membuat sang induk mau mengerami telurnya, yaitu dengan cara mendekatkan sarang telur tersebut di dekat induk yang sedang atau sudah mengerami telurnya. Biasanya, suara induk lovebird yang sudah mengerami telur akan memancing induk baru untuk mau melakukan aktivitas pengeraman.

  • Memberi Makan Selama Masa Mengeram

Agar kondisi burung Lovebird tetap baik, maka berilah makanan sesuai dengan kebutuhan Lovebird. Semakin banyak mereka makan, maka akan semakin cepat proses mengeram tersebut sampai telur menetas dan bibit baru keluar dari cangkang nya.