Tanaman Bonsai Kelapa Sebagai Tanaman Hias

Tanaman Bonsai Kelapa Sebagai Tanaman Hias – Bonsai termasuk salah satu jenis tanaman terbaik yang bisa kalian kembangbiakkan untukĀ  tujuan hiasan dan juga bisa untuk memberikan berbagai manfaat terbaik. Hal itu tentunya saja dikarenakan jenis tanaman bonsai ini mempunyai keunikan sendiri ketika dipelihara di rumah.

Dan pada artikel dibawah ini kami akan memberikan rincian tahapan cara bercocok tanam untuk kelapa yang cocok dijadikan pohon bonsai. Mari kita simak bersama.

Tanaman Bonsai Kelapa Sebagai Tanaman Hias

Tanaman Bonsai Kelapa Sebagai Tanaman Hias

Dibawah ini adalah beberapa cara dan tipe untuk jenis kelapa yang paling cocok dijadikan tanaman bonsai:

  • Kelapa Gading Merah

Kelapa Jenis yang satu ini memiliki warna yang merah kekuning kuningan dan terbilang jarang dikembangbiakkan. Dan untuk jenis bonsai kelapa gading merah ini pun sangat cukup sulit untuk dipertahankan warna merahnya dimana itu memerlukan pupuk yang cukup banyak.

  • Kelapa Gading Susu

Mengenai jenis bonsai type ini pun merupakan pohon yang cukup banyak dipelihara masyarakat Indonesia. Hal itu dikarenakan type Kelapa Gading Susu bisa tumbuh didaerah tropis di wilayah Indonesia. Untuk jenis pohon bonsai ini mempunyai warna putih dan sering dipelihara setiap orang menggantikan tanaman palem di rumah.

  • Kepala Albino

Kelapa Albino merupakan salah satu type jenis kelapa yang banyak dijadikan tanaman hias bonsai. Hal itu tentunya bisa kalian temukan dimana saja di rumah dan pekarangan rumah.

Tanaman Bonsai Kelapa Sebagai Tanaman Hias

Dibawah ini adalah beberapa trik dan cara merawat serta menjadikan tanaman bonsai sebagai tanaman hias terbaik di rumah,

  1. Memilih Jenis Kelapa. Untuk tahapan ini pun sangat banyak dan tentunya telah kita jelaskan pada artikel diatas yang dimana terdiri dari kelapa gading merah, kelapa gading susu dan kelapa albino.
  2. Memilih Bibit Unggulan. Tahapan selanjutnya adalah proses pemilihan bibit yang harus berasal dari buah kelapa yang tua. Disamping itu bibit juga harus dipetik langsung dari pohon untuk bisa menghasilkan buah dan akar yang bagus.
  3. Menempatkan Posisi Batok Kelapa. Tunas Kelapa akan tumbuh pada minggu ke 2 dan ke3. Untuk menempatkawnnya juga harus dijaga dan diperhatikan dengan baik. Jadi bibit harus ditamba secara horizontal seperti layaknya keong.
  4. Membersihkan Sabut Kelapa. Untuk tahapan ini dilakukan ketika tunas kelapa tumbuh yang dimana proses ini dilakukan dengan mengelupas batok kelapa
  5. Membersihkan Bulu Halus pada Batok. Kemudian setelah sabut selesai dibersihkan dilanjutkan dengan membersihkan bulu halus pada batoknya dengan menggunakan pisau tajam
  6. Proses Menanam Pada Media Tanam. Langkah awal adalah menyiapkan tanam bonsai kelapa dengan tanah yang dicampur dengan air, pupuk dengan persentase 2:1:1. Selanjutnya semua proses dilakukan dengan meletakkan batok kelapa dengan miring.
  7. Membentuk Bonsai Kelapa. Untuk bibit bonsai akan tumbu dengan ukuran dari 15 – 20 cm, lalu dilakukan proses penyayatan bagian bawah agar tak busuk. Hal iini dilakukan sebanyak 3x agar bonsai kelapa bisa memiliki bentuk indah dan potonglah bagian yang tak disukai.
  8. Tahapan Merawat Bonsai. Setelah semuanya dilakukan dan selesai. tahapa dilanjutkan dengan merawat bonsai dengan mudah dimana dengan pemberian air, pupuk dan sinar matahari yang cukup.

By Hert

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *