Cara Budidaya Lele dengan Mudah Untuk Pemula

Sep 7, 2021 by Hert
Cara Budidaya Lele dengan Mudah Untuk Pemula

Budidaya ikan lele menjadi salah satu mata pencaharian yang sangat menguntungkan. Tingginya minat pasar untuk ikan lele, membuat ternak ikan lele bisa berputar dengan cepat.

Ikan lele sendiri banyak dijual dirumah makan, tingginya minat masyarakat mengkonsumsi lele karena adanya gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Selain itu rasanya juga gurih & enak!

Cara Budidaya Lele dengan Mudah Untuk Pemula

Bagaimana cara memulai ternak ikan lele? Ikuti panduannya seperti dibawah ini!

Namun jangan lupa juga untuk membaca “Cara Menanam Bunga Mawar Dengan Mudah dan Cepat“.

Begini Cara Ternak Ikan Lele Bagi Pemula yang Baik dan Benar

Cara Ternak Ikan Lele yang Baik dan Benar

  • Persiapkan kolam

Kami kurang menyarankan Anda untuk melakukan budidaya ikan lele di kolam tanah. Karena ikan lele bisa masuk kebawah tanah, hal ini akan membuat kamu rugi saat panen sebab banyak ikan yang bersembunyi dibawah tanah kolam. Sebaiknya pilihlah kolam semen, maupun kolam buatan yang menggunakan terpal plastik dengan ukuran yang luas.

Jika sudah mengisi air pada kolam yang telah Anda pilih. Maka selanjutnya adalah meunggu 3-7 hari sampai lumut pada kolam mulai terbentuk. Fungsi lumut dan fitoplankton ini tidak lain untuk menjaga air tidak cepat keruh. Setelah lumut sudah muncul masukkan bibit lele kedalam kolam.

  • Memilih bibit unggul dan memisahkan lele sesuai ukuran

Anda harus bisa mencari jenis bibit lele terbaik, biasanya jenis yang cepat besar dan tidak mudah terkena penyakit. Selain itu, memilih bibit lele dengan kualitas baik juga akan menghasilkan lele yang berwarna terang serta aktif dan gesit saat diberi makan. Selain itu pisahkan ikan berdasarkan ukuran besar dan kecil, hal ini bertujuan agar lele besar tidak mengganggu / membunuh lele kecil.

  • Beri lele dengan pakan yang berkualitas

Agar lele yang Anda pelihara cepat berkembang biak dan cepat panen. Maka kualitas dari pangan ternak ini sangat berpengaruh, salah satu contoh pangan berkualitas adalah jenis sentrat 781-1. Makanan ini dapat diberikan setiap pagi, sore, dan malam hari. Di samping itu, Anda juga bisa menambahkan jam makan bagi ikan lele sesuai kebutuhan.